cara main dan build skill diggie dari top player mobile Legends

cara main dan build skill diggie dari top player mobile Legends

Setelah akhirnya Diggie muncul di Mobile Legends. Itu artinya Mobile Legends kedatangan satu hero support setelah sebelumnya memperoleh fighter dan assassin.
Hero Diggie memiliki berbagai macam skill yang cukup sanggup mengganggu dan mungkin memecah belah formasi lawan. Bila hero ini dimainkan secara benar, Diggie akan menjadi hero support yang bisa membungkam pergerakan hero yang memiliki mobilitas tinggi seperti Fanny, Zilong dan yang lainnya.

Kelebihan

  • Memiliki crowd control yang baik
  • Ultimate yang menghilangkan efektifitas skill crowd control lawan
  • Bisa mengganggu dan memecah formasi lawan
  • Cukup sustain di lane

Kekurangan

  • Durability rendah
  • Sulit untuk digunakan
  • Damage output terbatas

Skill Set

Young Again

Saat terbunuh dalam pertempuran Diggie akan berubah menjadi telur selama hitungan mundur waktu respawn. Jadi alih-alih menghilang dari pertempuran dan respawn di markas, Diggie bisa berjalan-jalan dan menjadi mata-mata bagi tim dengan cara membuntuti hero musuh.
Selain membuntuti musuh, kamu juga bisa tetap stay di lane untuk mendapatkan gold dari minion atau hero yang terbunuh.
Saat menjadi telur, Diggie akan mendapat tiga skill baru yaitu, Disdain, Egg Dance, dan Victory Prayer . Ketiga skill tersebut tidak akan memberikan efek apapun bagi musuh kecuali skill duanya yang akan menghasilkan lima true damage.
Ada beberapa Gear yang tetap menghasilkan efek Unique Passive walaupun Diggie berubah menjadi telur. Contoh Gear tersebut bisa kamu lihat di video berikut ini.




Time Bomb

Diggie melemparkan jam alaramnya ke arah yang ditunjuk. Jam tersebut akan membesar dan meledak. Ledakan dari jam tersebut akan memberikan damage magic dan stun selama 1,2 detik.
Time Bomb bisa diledakan secara manual dengan cara mengaktifkan skill tersebut sekali lagi. Bila Time Bomb diledakan di bawah 2 detik dari waktu seharusnya, efek yang dihasilkan adalah slow bukan stun.
  • Damage: 300/360/420/480/590/650 magic damage
  • Mana cost: 70/80/90/100/110/120 mana
  • Cooldown: 8 detik
Time Bomb adalah satu-satunya burst damage Diggie. Karena memiliki animasi countdown skill ini jadi sulit mengenai musuh. Padahal stun 1,2 detik terhitung cukup lama di Mobile Legends. Satu-satunya cara paling efektif untuk menggunakan Time Bomb adalah dengan mengkombinasikan Time Bomb dengan skill kedua Reverse Time atau saat rekan satu tim mengeluarkan skill disable atau crowd control.
Selain sebagai burst damage, Time Bomb juga menjadi satu-satunya skill Diggie untuk melakukan wave clear. Karena memiliki properti stun, Diggie bisa menahan minion musuh di satu titik sehingga mengacaukan titik temu minion.

Reverse Time

Diggie menandai satu hero musuh dan lokasi berdirinya. Dalam waktu 3 detik hero yang ditandai Diggie akan kembali ke lokasi semula dan menerima magic damage. Bila hero tersebut bergerak terlalu jauh sebelum durasi 3 detik habis, dia otomatis kembali ke tempat semula dan langsung menerima magic damage.
  • Damage: 150/200/250/300/350/400 magic damage
  • Mana cost: 90 mana
  • Cooldown: 15/14/13/12/11/10 detik
Reverse Time adalah salah satu skill yang bisa dikombinasikan dengan Time Bomb. Cara mengkombinasikannya cukup mudah. Kamu harus menandai hero yang kamu incar dengan Reverse Time terlebih dahulu, baru kemudian pasang Time Bomb di lokasi yang sama. Setelah 2 detik, langsung ledakan Time Bomb untuk memberikan efek stun.
Bila kamu berhadapan dengan Diggie musuh, kamu bisa mematahkan combo ini dengan cara bergerak keluar area yang ditandai sebelum 3 detik dan langsung mengaktifkan Flicker (Battle Spell) atau movement skill lain. Bila timingnya tepat, musuh tidak akan sempat mengaktifkan Time Bomb.

Time Journey

Diggie mengeluarkan skill AoE selama 2,5 detik. Semua skill crowd control musuh yang dikeluarkan di area tersebut tidak akan menimbulkan damage. Selain anti skill crowd control, Time Journey akan memberikan shield yang akan bertahan selama 5 detik.
  • Mana cost: 130/150/170 mana
  • Cooldown: 60 detik
Time Journey kerap menjadi comeback mechanism di setiap war karena bisa menjauhkan anggota tim dari damage yang berasal dari skill crowd control untuk sementara waktu. Selain itu tambahan shield selama 5 detik menyebabkan berbagai damage yang berasal dari serangan fisik juga ikut sedikit terserap.

Diggie Battle Spell



Sebagai support Diggie bisa menggunakan Healing Spell untuk melengkapi arsenal yang dimiliki Diggie dalam urusan menjaga seluruh anggota tim. Selain Healing Spell, Diggie juga bisa menggunakan Flicker atau Sprint untuk melarikan diri saat dikejar musuh.

Diggie Emblem Set


Selain Magic Emblem Set Diggie tidak memiliki pilihan emblem lainnya. Untunglah Magic Emblem Set cukup cocok digunakan Diggie yang memang mebutuhkan pengurangan cooldown dan magic resistance.

Gear Build Diggie

Diggie dalam guide ini bertumpu pada build support full buff dan debuff. sehingga seluruh Gear yang dibuat akan memberikan status tambahan bagi tim dan status buruk bagi musuh.

Athena’s Shield

Untuk menjalankan perannya dengan baik Diggie bakal kerap berada di tengah-tengah musuh. Karena itu dia membutuhkan shield di awal permainan. Dari semua shield yang tersedia kami memilih Athena’s Shield karena kemampuan Unqieu Passive Refuge yang akan selalu bertambah kapasitas shieldnya (maksimum 1150 shield), mengikuti level Diggie.
Selain itu tambahan 900 HP, 20 regenerasi HP dan 56 pertahanan magic juga tidak terlalu buruk hitungannya untuk Gear di early game.

Magic Shoes

Karena Diggie tidak memiliki banyak skill dengan burst damage yang besar, maka kamu sebaiknya memilih Magic Shoes sebagai mobility Gear. Pengurangan 10 persen cooldown masih sedikit lebih menguntungkan ketimbang status yang ada di mobility Gear lainnya.

Concentrated Energy

Concentrated Energy menjadi Gear pertahanan pertama yang harus dibeli Diggie di mid game. Concentrated Energy ini akan menyediakan 70 magic power dan 700 HP. 30 persen Spell Vamp memang jarang digunakan oleh Diggie, tetapi Unique Passive Recharge lumayan menguntungkan Diggie karena memberikan 10 persen regenerasi HP setiap ada hero lawan berhasil dibunuh.

Dominance Ice

Inilah Gear mid game yang akan membuat musuh kesulitan ketika berada di sekitar Diggie. Dominance Ice memiliki Unique Passive Arctic Cold. Skill ini akan mengurangi kecepatan gerak sebanyak lima persen dan kecepatan serangan sebesar 30 persen. Selain debuff tersebut, Dominance Ice juga memberikan berbagai status lainnya seperti 500 mana, 70 armor dan pengurangan kemungkinan kritikal sebanyak lima persen.

Disaster Trunceon

Disaster Truncheon merupakan Gear pelengkap Diggie di late game. Unique Passive The Dead akan memberikan debuff berupa pengurangan 25 pertahanan magic pada siapapun yang terkena skill Diggie.
Mengingat Diggie akan sering sekali melakukan spam skill di late game dan Reverse Time merupakan skill auto target yang akan menghentikan gerakan musuh sementara, maka efek Gear ini akan sangat bersinergi dengan Diggie di late game.

Thunder Belt

Sebagai Gear terakhir, Thunder Belt memiliki status yang paling lengkap. Kamu mendapatkan 25 kekuatan magic, 800 HP, 400 mana, 40 armor, dan yang terakhir adalah 15 regenerasi HP.
Unique Passive yang dimiliki oleh Thunder Belt memang hanya memberikan tambahan 40 persen damage fisik setiap kali kamu mengeluarkan skill, tapi sebenarnya Diggie mengincar efek kedua dari Unique Passive Thunder Belt. Efek yang kami maksud adalah pengurangan kecepatan gerak setiap 1,5 detik untuk semua musuh yang berdiri di sekitar Diggie selama dia menyerang musuh.

Diggie Gameplay

Saat bermain sebagai Diggie sebaiknya kamu mengikuti hard carry atau berada di mid lane. Gunakan Time Bomb untuk wave clear dan mengusir musuh dari lane dengan cara memasangnya di bagian belakang minion musuh. Cara ini hanya bisa dilakukan di mid lane saat musuh terkena push hingga ke dekat tower mereka.
Bila ada musuh yang berusaha menyerangmu, gunakan kombinasi Time Bomb dan Reverse Time untuk mengusir mereka. Kalau dirasa masih kurang, jangan ragu-ragu untuk mengaktifkan Time Journey, terutama kalau ingin menyelamatkan dirimu dan hard carry sekaligus.

Sebenarnya tugas kamu sepanjang game adalah mengganggu tim lawan sambil mencegah damage yang berasal dari skill crowd control. Jadi jangan pernah jauh-jauh dari anggota tim kamu, karena mereka membutuhkan kamu di setiap war yang mereka hadapi.
Kalau ternyata kondisi tim kamu tertekan sepajang game maka kamu tidak bisa berbuat banyak selain tetap menjaga carry yang farming sambil mengulur waktu selama mungkin.
Bila kamu mati dan berubah menjadi telur, manfaatkan kondisi ini untuk memata-matai tim musuh. Tapi ingat, spawn time kamu cuman sebentar terutama di early game. Jangan sampai kamu berubah menjadi dewasa saat berada di tengah-tengah musuh.

Di late game kamu harus waspada terhadap assassin yang memiliki invincible, sebab mereka bisa menghindari kombinasi Time Bomb dan Reverse Time dengan mudah padahal burst damage mereka sangat besar sehingga bisa melakukan one hit kill pada Diggie.

cara main dan build skill diggie dari top player mobile Legends